Diferensiasi Produk, Pengembangan Desain Kemasan, dan Pemasaran Online Bagi Kelompok Pengrajin Songkok Desa Bandung Kabupaten Kebumen

  • Sigit Wibawanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Marynta Putri Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Diferensiasi, Desain, Pemasaran Online, Songkok

Abstract

Judul usul pengabdian ini adalah PKM Kelompok Pengrajin Songkok Desa Bandung Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Mitra kegiatan ini terdiri dari UMKM Songkok dengan merek Dollar Mas dan Bir Ali yang terletak di desa Bandung, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen. Lokasi Mitra PKM ini jaraknya 7 km dari pusat kota Kebumen, dan 7,9 km dari STIE Putra Bangsa. Usaha songkok di Indonesia terutama di desa Bandung kabupaten Kebumen merupakan penyuplai kopiah terbesar kedua setelah kabupaten Gresik. Namun dalam industrinya masih membutuhkan dukungan dan pendampingan untuk meningkatkan hasil produksi dan pemasarannya, karena industri ini menjadi usaha yang diandalkan untuk menopang kehidupan ekonominya. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membentuk masyarakat mandiri secara ekonomi melalui: 1) pemberian pelatihan sebagai upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk 2) pemberian pelatihan untuk memperluas pasar dan volume penjualan. Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan penyampaian materi pelatihan pengembangan produk dan pasar, serta praktek pembuatan varian songkok dan pembuatan desain songkok yang baru. Luaran kegiatan ini: a) meningkatnya kapasitas produksi harian, b) meningkatnya varian produk, c) meningkatnya kualitas tampilan produk, d) memiliki strategi pemasaran yang lebih baik, dan e) menghasilkan artikel ilmiah dalam jurnal nasional. Hasilnya adalah telah terlaksananya kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi Mitra PKM sehingga wawasan dan pengetahuan pentingnya pengembangan produk dan pasar bertambah. Hasil pantauan menunjukkan indikasi meningkatnya motivasi Mitra untuk mengembangkan dan melanjutkan industri Songkok sebagai andalan ekonomi keluarganya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-09
How to Cite
Wibawanto, S., & Pratama, M. (2020). Diferensiasi Produk, Pengembangan Desain Kemasan, dan Pemasaran Online Bagi Kelompok Pengrajin Songkok Desa Bandung Kabupaten Kebumen. JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 8-12. Retrieved from http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/287
Section
Articles