GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN DI PASAR MODERN (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Kebumen)

Main Article Content

Sigit Wibawanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat fenomena dengan gaya hidup hedonisme, tidak melihat dari tidak melihat faktor pendorong yang menimbulkannya. Penelitian ini hanya membahas pola gaya hidup dengan perilaku pembelian yang ditimbulkannya. Lingkup penelitian ini dibatasi pada gaya hidup hedonisme, yang mengacu pada teori Engel, dkk (1995) yaitu (activities), (interest), (opinion). Sedang perilaku pembelian masyarakat lingkup penelitian ini dibatasi pada dimensi skala shopping addiction yang dikembangkan Elizabeth E. Edwards yang disusun berdasarkan lima dimensi yaitu tendency to spend, drive to spend, feelings about shopping, dysfunctional spending¸ post-purchase guilt. Penelitian dilakukan di kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan membagikan kuesioner sebanyak 100 eksemplar kepada responden. Analisis yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dengan alat bantu analisis SPSS versi 23.0., hasilnya gaya hidup yang terdiri dari aktivitas (X1), minat (X2) dan opini (X3) berpengaruh signifikan terhadap shopping addiction (Y). Kesimpulannya unsur-unsur yang diakibatkan aktivitas, minat, dan opini masyarakat akan mendapatkan suatu perilaku pembelian yang abnormal dan membuat masyarakat mengeluarkan biaya untuk mendapatkan produk yang belum tentu sesuai kebutuhan, melainkan keinginan dan emosional dalam pengambilan keputusan pembeliannya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wibawanto, S. (1). GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN DI PASAR MODERN (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 15(1). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v15i1.71
Section
Articles

References

agung.st-albertus.sch.id/ wp content/uploads/2008/11/melawan konsumerisme.doc

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211.

Armitage, C., & Conner, M. (2001). Efficacy of the theory of planned behaviour: A meta-analytic review. British Journal of Social Psychology, 40, 471–499.

Assael, Henry, 1998, Consumer Behavior and Marketing Action.6th edition. Cengage Learning.

Bandura, A. 1986. Social Foundations of Thought and Action. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.

Billings, Wendy L., 1990, "Effects of Store Atmosphere on Shopping Behavior". Honors Projects. Paper 16. http://digitalcommons.iwu.edu/busadmin_honproj/16.

Duncan, Tom. 2005. Principles of Advertising & IMC, Second Edition. McGraw-Hill, Inc. Bab 5

D.,P., Dauzan, dan D. Anita., 2011, Potret Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Lampung), Jurnal Sociologie, Vol. 1, No. 3: 184-193.

Francis Piron (1991), "Defining Impulse Purchasing", in NA - Advances in Consumer Consumer Research Volume 18, eds. Rebecca H. Holman and Michael R. Solomon, Provo, UT: Asosiasi Consumer Research, Page: 509-514.

George J. Szybillo and Arlene Sosanie, 1977, "Family Decision Making: Husband, Wife and Children", in NA - Advances in Consumer Research Volume 04, eds. William D. Perreault, Jr., Atlanta, GA: Association for Consumer Research, Pages: 46-49.

Glanz, K., Lewis, F. M., & Rimers, B. K. (Eds.), 1990, Health Behavior and Health Education: Theory, Research, and Practice. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Godin, G., & Kok, G. 1995. The theory of planned behavior: A review of its applications to health-related behaviors. American Journal of Health Promotion, 11, 87–98.

Grizzell, J. (2007, 1/27/2007). Behavior Change Theories and Models. Retrieved January 28, 2007, from http://www.csupomona.edu/~jvgrizzell/best practice/ bctheory.html.

Hasil penelitian kerjasama antara Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, Kementerian Koperasi dan UKM dengan PT Solusi Dinamika Manajemen, tahun 2005, Penelitian Dampak Keberadaan Pasar Modern (Supermarket dan Hypermarket) Terhadap Usaha Ritel Koperasi/Waserda dan Pasar Tradisional, Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM Nomor 1 Tahun I– 2006.

Herek, G. (1986). The instrumentality of attitudes: Toward a neofunctional theory. Journal of Social Issues, 42:2, 99–114.

Hotniar Siringoringo, Peran Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen, Jurnal Ekonomi & Bisnis No. 3, Jilid 9, Tahun 2004.

John W. Lounsbury, Lucy W.Gibson, Richard A. Saudargas, “Scale Development” dalam Frederick T.L. Leong and James T. Austin, 2006, The Psychology Research Handbook: A Guide for Graduate Students and Research Assistants (Thousand Oaks: Sage Publications, Inc) p.144.

Jung, C.G. (1966). Two Essays on Analytical Psychology, Collected Works, Volume 7, Princeton, NJ: Princeton University Press. ISBN 0-691-01782-4 (http://id.wikipedia.org/wiki/Sikap)

Kim, M. S., & Hunter, J. E. (1993). Relationships among attitudes, behavioral intentions, and behavior: A meta-analysis of past research, part 2. Communication Research, 20:3, 331–364.

M.F. Shellyana Junaedi, 2008, Dimensi Kolektivisme Dan Individualisme Dari Perubahan Sosial: Nilai-Nilai Orientasi Sebagai Konstruksi Identitas Dan Persepsi Kawula Muda, The 2nd National Conference UKWMS, Surabaya, 6 September 2008.

Moeljosoedjono, H. K. (2008). Attachment Style Pada Wanita yang Mengalami Shopping Addiction. Skripsi. Universitas Indonesia. Diakses melalui http://digilib.ui.ac.id tanggal 17 Januari 2016.

Neila Ramdhani, 2008, Sikap dan Perilaku: Dinamika Psikologi Mengenai Perubahan Sikap dan Perilaku, tugas kuliah Independent Study.

Olson, Jerry and Paul Peter. 2008. Consumer Behavior & Marketing Strategy, 7th edition. New York: McGraw Hill.


Perry, C. L., Barnowski, T., & Parcel, G. S. 1990. How individuals, environments, and health behavior interact: Social learning theory. In K. Glanz, F. M. Lewis & B. K. Rimer (Eds.), Health Behavior and Health Educaiton: Theory Research and Practice. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Perry Roy Hilton and Charlotte Brownlow, 2004, SPSS Explained, (East Sussex: Routledge p.364.

Rorlen, 2007, Peran Kelompok Acuan dan KeluargaTerhadap Proses Keputusan Untuk Membeli, Business and Management Journal Bunda Mulia, Vol:3, No 2, September 2007.

Sinaga, Pariaman. 2004. Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta: Tidak Diterbitkan.www.bolender.com

Soeparto Tjitrodihardjo, 2004, Materialisme Sebagai Akar Masalah, Suara Merdeka: 01 Juni 2004, Suara Merdeka.

Witte, K. 1997. Research review theory-based interventions and evaluations of outreach efforts [electronic version]. Planning and Evaluating Information Outreach among Minority Communities: Model Development Based on Native Americans in the Pacific Northwest. Retrieved Juny 20, 2016 from http://nnlm.gov/archive/pnr/eval/witte.html.

Zanna, M. P., & Rempel, J. K. 1988. Attitudes: A new look at an old concept. In D. Bartal & A. W. Kruglanski (Eds.), The social psychology of knowledge, 315–334. Cambridge, UK: Cambridge University Press.