PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: PENDEKATAN FISIOLOGIS, PSIKOLOGIS, DAN RELIGIUS

Main Article Content

Sigit Wibawanto

Abstract

Pengambilan keputusan pembelian, umumnya dilakukan konsumen setelah melakukan evaluasi terhadap banyaknya pilihan produk atau jasa yang ditawarkan pada dirinya. Evaluasi ini merupakan sebuah proses dari beberapa tahapan, tingkatan, serta faktor yang mempengaruhinya secara konsisten memenuhi kebutuhan konsumen (Engel. 1995). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keputusan pembelian konsumen dapat terjadi jika faktor eksternal dan internal konsumen ada pada dirinya. Faktor internal misalnya motivasi secara fisiologis untuk memenuhi kebutuhannya. Disamping itu, pembelajaran, kepribadian, sikap dan pengalaman pribadi melalui pemikiran dan rasa telah dilalui konsumen menjadi pertimbangan psikologis bagi konsumen.Faktor eksternal meliputi informasi pemasaran dan lingkungan sosial budaya misalanya adalah pandangan religiusnya. Penelitian masing-masing dampak faktor internal dan eksternal telah banyak dilakukan dan memberikan kontribusi bagi upaya strategik untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Paper ini hanya membahas pada analogi proses pengambilan keputusan konsumen setelah mendapatkan pengaruh secara internal dan eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wibawanto, S. (1). PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: PENDEKATAN FISIOLOGIS, PSIKOLOGIS, DAN RELIGIUS. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(1). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i1.63
Section
Articles

References

Bagozzi, R. P., Baumgartner, H., & Pieters, R. (1998).Goal-directed emotions. Cognition and Emotion 12,1–26.

Bagozzi, R. P., Baumgartner, H., Pieters, R., & Zeelenberg,M. (2000). The role of emotions in goal-directedbehavior. In S. Ratneshwar, D. G. Mick & C. Huffman(Eds.), The why of consumption: Contemporary perspectives on consumer motives, goals, and desires (pp.36–58). New York: Routledge.

Brady, D., &Gougoumanova, Z., (2006). An analysis of the “core” decision process of the Hunt and Vitellmodel of ethical decision making in marketing. Journal of Academic and Business Ethics

Delener, N., (1994), Religious Contrasts in Consumer Decision Behaviour Patterns: Their Dimensions and Marketing Implications, EuropeanJournal of Marketing, Vol. 28 No. 5, 1994, pp. 36-53.

Mihart, C., (2012)., Impact of Integrated Marketing Communication on ConsumerBehaviour: Effects on Consumer Decision-Making Process, International Journal of Marketing Studies, Vol. 4, No. 2.

Shiv,B.,&EdorikhinA., (1999), Heart and Mind in Conflict: The Interplay of Affect and Cognition in Consumer Decision Making, Journal of Consumer Research, Vol. 26 No. 3 December 1999.

Symmonds, M., Emmanuel, J.J. Drew, M.E., Batterham, R.L., Dolan, R.J., (2010), Metabolic State Alters Economic Decision Making under Risk in Humans, PloS ONE 5(6): e11090. doi:10.1371/journal.pone.0011090, Volume 5 (June 2010).

Zeelenberg M., Nelissen, R.M.A., Breugelmans, S.M.,& Pieters, R. (2008). On emotion specificity in decision making: Why feeling is for doing. Judgment and Decision Making, Vol. 3, No. 1, pp. 18–27.