Analisis Pengaruh Kelompok acuan, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Kuliah

Main Article Content

Harini Abrilia Setyawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelompok acuan, promosi dan brand image terhadap keputusan memilih kuliah di STIE Putra Bangsa Kebumen. Secara spesifik, variabel bebas dalam penelitian ini adalah kelompok acuan, promosi dan brand image, sedangkan variabel terikatnya keputusan memilih kuliah di STIE Putra Bangsa Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 135 responden. Penelitian ini menggunakan tehnik sensus dimana semua populasi dijadikan responden. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, dan analisis statistik dengan mengunakan uji F, uji t, serta interperetasi koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa seluruh variabel independen yaitu kelompok acuan, promosi dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan memilih kuliah di STIE Putra Bangsa Kebumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing – masing variabel bebas baik itu kelompok acuan, promosi dan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan memilih kuliah di STIE Putra Bangsa Kebumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setyawati, H. (2013). Analisis Pengaruh Kelompok acuan, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Kuliah. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(1), 74-98. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i1.61
Section
Articles

References

Aaker, David A. 2004. Manajemen Ekuitas Merek. Terj. Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama, Cet 2.
Ajay Kalra and Ronald C. Goodstein. 1998. The Impact Of Advertising Positioning Strategies On Consumer Price Sensitivity. Journal Of Marketing Research, Vol. XXXV.
Angipora, Marisu P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, edisi ke II. Jakarta: PT. Raja Geafindo Persada.
Arikunto, Suharsimin. 2002. Prosesur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Percetakan Pelajar.
Basu, Swasta. 1990. Manajemen Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Liberty.
Basu, Swasta. 2009. Manajemen Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Liberty.
Brown, Barry Dacin dan Gunst. 2005. Spreading the Word: Investigating Antecedents of Consumers Postitive Word of Mouth intention and Behaviours in a retailing conteks journal the academi of marketing science; vol.33. No.2, pg 123-138.
Davidow, Moshe. 2003. Have You Heard The Word? The Effect Of Word Of Mouth On Perceived Justice, Satisfaction And Repurchase Intentions Following Komplain Handling”, Journal of Cunsumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior. Provo: 2003. Vol. 16 pg. 67.
Erna Ferrinadewi dan S. Pantja Djati. 2004. Upaya Mencapai LoyalitasKonsumen Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 6, No. 1, Maret 2004: 15 – 26.
George, Silverman. 2001. The Secrets of Word Of Mouth Marketing: How to Trigger Expontials Sales Through Runaway Word Of Mouth. New York:AMACOM.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Multivariate dengan Menggunakan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Gujarati, D. (1978). Ekonometrika Dasar. Mc Grow-Hill. Inc. Singapore. Ahli Bahasa Sumarno Zan, 1991. Singapore: PT.Glora Aksara Pratama.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Harrison, L. Jean-Walker. 2001. The Measurement Of Word Of Mouth Communication And An Investigation Of Service Quality And Customer Commitment As Potential Antecedents. Journal of Service Research, Vol. 4, No. 1, pp. 60-75.
Hosany,S., Ekinci ,Y dan Uysal. M . 2006. Destination Image and Destination Personality : an Appliction of Branding Theories to tourism Places. Journal of Bussiner Research. 59:638-642.

Ikhwan Susila dan Fatchurrahman. 2004. Service Value : Sebuah Variabel Pemediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli. Empirika, Vol. 17 No.1 Juni 2004.
Keller, K. L. 2003. Strategic Brand Managemen: Building, Meansuring, and Managing Brand Equity, 2d ed. Prentic Hall. Upper Saddle River: NJ.
Kertajaya, Hermawan. 2005. Marketing Plus 2000. Mempertahankan Pelanggan Loyal. www bisnis indonesia .com
Kotler, P. 2003. Marketing Management 11th Edition. New Jersey. Pearson Eduction, Inc.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2001. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Sembilan, jilid satu. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Managemen Edisi Milenium. New Jersy: Pearson Education Internasional.
Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mohammad, Nazir. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prasetijo, Ristiyanti dan Ihalauw. Jhonj. O. I. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rangkunti, F. 2004. The Power of Brands-Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rochaety, Eti. Dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Saladin, Djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Santoso, S. 2001. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.
Schiffman, L. G., dan Kanuk, L. L. 2008. Prilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks Group Media.
Seock. 2003. Analisis Of Clothing Website for Young Costomer Retention Based on a Model of Costomer Relationship via the Internet.
Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono. 2001. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama. Bandung: CV. Alfa Beta.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Temporal, P., dan Lee, K.C. 2001. Hi-tech Hi-touch Branding: Creating Brand Power in the Age of Technology. New York : John Wiley & Sons.
Tjiptono, Fandi. 1999 . Strategi Pemasara. Yogyakarta: Andi.
Uma, Sekaran. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia.
Widayat .2004. Metodologi Penelitian Pemasaran Aplikasi Software SPSS. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Wijaya, P.S.M. 2008. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks Coffee di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis,vol. 3.
William, Stanton.1993. Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Yehsin, T., & Fill, C. 2001. Integrated Marketing Communication. Italy: Butterworth Hinemann.
Yuswohadi. 2008. Crowd: Marketing Becomes Horizont. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.