PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP SWITCHING BARRIERS DAN CUSTOMER LOYALTY

Main Article Content

Gunarso Wiwoho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari customer satisfaction dan perceived value terhadap customer loyalty melalui switching barrier sebagai variabel intervening. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dengan menggunakan teknik non probability sampling, penelitian dan diterapkan teknik sampling purposive, penelitian ini mengami sampel 100 responden konsumen Bakery Kebumen sebagai konsumen akhir dengan waktu pembelian minimal dua kali dalam satu minggu. Pengaruh customer satisfaction terhadap switching barrier menunjukkan bahwa customer satisfaction tidak signifikan terhadap switching barrier. Pengaruh perceived value terhadap switching barrier menunjukkan bahwa perceived value tidak berpengaruh signifikan terhadap switching barriers. Pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty menunjukkan bahwa customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Pengaruh perceived value terhadap customer loyalty menunjukkan bahwa perceived value tidak berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Pengaruh switching barrier terhadap customer loyalty menunjukkan bahwa switching barrier berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Switching barrier dapat dijelaskan oleh customer satisfaction dan perceived value sebesar 3,1% sedangkan sisanya 96,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Customer loyalty dapat di jelaskan oleh customer satisfaction, perceived value dan switching barriers sebesar 16,9% sedangkan 83,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiwoho, G. (2016). PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP SWITCHING BARRIERS DAN CUSTOMER LOYALTY. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 15(1), 128-139. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v15i1.532
Section
Articles

References

Gantra , Gery., Kumadji, Srikandi, dan Yuliato, Edy. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Binis Vol.1 No. 1

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika Teori Konsep Dan Aplikasi Dengan SPSS 17. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Khotler,Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Liu, T. C., Guo, M .Y, dan Lee, H.C. 2011. The Effects Of Relationship Quality And Switching Barriers On Customer Loyalt. .International Journal of Information Management 31.

Puspita, Indah Annisa ., Abdillah , Yusri, dan Bafadhal, Samira Aniesa . 2018. Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Switching Barriers Dan Customer Retention. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 61 No. 1.

Qonitat, Niswahtun Nira., Suyadi ,Imam, dan Sunarti. 2018. Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Switching Barrier Dan Kepercayaan Merek Terhadap Customer Retention. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.55 No.2.

Rahab., Handayani, Retno Sri., Nawarini, Tri Alisa. 2015. Peran Perceived Value Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pengguna Kartu Seluler. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen Vol. 30 No. 1.

S , Yenny Chen., Japarianto, Edwin. 2014. Pengaruh Kepuasan, Hambatan Berpindah Dan Penyediaan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen Di Hotel Novotel Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran Vol. 2 No. 1.

Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta : Andi Offset.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Bisnis ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D ). Bandung. Alfabeta.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Bisnis.Cetakan ke-15 . Bandung. Alfabeta.

Sutrisno, Hadi . 2004. Metodology Research Jilid 3. Yogyakarta : Andi.

Telagawathi, Sayang dan Reonningrat , Putu Luh. 2014. Kepuasan Pelanggan Terhadap Citra Perusahaan Dan Switching Barriers Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Industry Jasa Asuransi Di Bali. Jurnal Manajemen & Akuntansi STIE Triatma Mulya Vol. 20 No. 2.