Pengembangan Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Pemoderasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan BPR Kebumen

  • Gunarso Wiwoho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Sistem kompensasi, Peluang berkarier, Pengembangan karyawan, Motivasi, Kepuasan kerja

Abstract

Kepuasan  kerja  karyawan  merupakan  salah  satu  elemen  yang  cukup penting untuk menunjang kelancaran operasional perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sikap puas atau tidak puas karyawan dapat diukur dari sejauh mana perusahaan atau organisasi dapat memenuhi kebutuhan karyawan. Masalah yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini adalah apakah sistem kompensasi, peluang berkarier, dan pengembangan karyawan berpengaruh terhadap kepuasan kerja dengan motivasi sebagai variabel moderat pada PT. BPR Artha Mitra Gombong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh sistem kompensasi, peluang berkarier, dan pengembangan karyawan dengan motivasi sebagai variabel moderat terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. BPR Artha Mitra Gombong, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis ( MRA ) untuk mengetahui pengaruh sistem kompensasi (X1), peluang berkarier (X2), dan pengembangan karyawan (X3) sebagai variabel independent terhadap kepuasan kerja (Y) sebagai variabel dependent, dengan motivasi (Xm) sebagai variabel moderat. Adapun populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan pada PT. BPR Artha Mitra Gombong. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya dengan bantuan program SPSS 12.00. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial hanya variabel sistem kompensasi yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. BPR Artha Mitra Gombong. Sedangkan secara simultan, variabel-variabel sistem kompensasi, peluang berkarier, dan pengembangan karyawan tanpa motivasi sebagai variabel moderat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. BPR Artha Mitra Gombong. Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan, PT. BPR Artha Mitra Gombong untuk mewujudkan kepuasan kerja karyawannya disarankan untuk memperhatikan dan mengupayakan sistem kompensasi yang baik, karena variabel tersebut terbukti signifikan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bacal, Robert. ( 2002 ). Performance Management. Jakarta : Gramedia.

Davis, Keith. dan John W. Newstrom. ( 1985 ). Perilaku Dalam Organisasi. Jilid 2. Edisi 7. Jakarta : Erlangga.

Ghozali, Imam. ( 2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : BP-UNDIP.

Ghozali, Imam. ( 2005 ). Model Persamaan Struktural, Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS Versi 5.0. Edisi 2. Semarang : BP-UNDIP.

Hadi, Sutrisno. ( 1991 ). Analisis Butir Untuk Instrumen, Angket, Tes, Dan Skala Nilai Dengan Basica. Yogyakarta : Andi.
http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/ekonomi-manajemen/analisa-kebijaksana- an-pengembangan-karyawan-dalam-meningkatkan-prestasi. Diambil tanggal 07 Nopember 2009.

Istijanto. ( 2008 ). Riset Sumber Daya Manusia Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan. Jakarta : Gramedia.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. ( 2001 ). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Jakarta : Salemba Empat.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. ( 2006 ). Human Resource Management. Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat.

Nazir, Moh. ( 2003 ). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nurachmad, Much. ( 2009 ). Cara Menghitung Upah Pokok, Uang Lembur, Pesangon, Dan Dana Pensiun. Jakarta : Visimedia.

Panudju, Agung. ( 2003 ). “Pengaruh Kompensasi dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Unit Produksi PT X Palembang.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya. Vol. 1. No. 2.

Schuler, Randall S. dan Susan E. Jackson. ( 1999 ). Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad Ke-21. Jilid 2. Edisi 6. Jakarta : Erlangga.

Singarimbun, Masri. dan Sofyan Efendi, ( 1995 ). Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Sugiyono. ( 2003 ). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. ( 2005 ). Metode Penelitian Administrasi. Edisi 12. Bandung : Alfabeta.

Widodo, Parwoto. ( 2009 ). “Pengaruh Lingkungan Kerja Pada Hubungan Antara Kompensasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Salatiga.” Diambil tanggal 20 Nopember 2009 dari http://eprints.ums.ac.id/800/1/Jurnal Daya Saing15.pdf.

Wikipedia. ( 2009 ). “Kepuasan Kerja.” Diambil tanggal 28 Oktober 2009 dari http://id.wikipedia.org/wiki/kepuasan kerja.
Published
2010-07-01
How to Cite
WiwohoG. (2010). Pengembangan Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Pemoderasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan BPR Kebumen. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 12-29. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v9i1.528
Section
Articles