ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP INOVASI PRODUK, DAN KINERJA PEMASARAN (Studi pada Sentra Industri Kecil Rumah Tangga Kerajinan Anyaman Pandan di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen)

Main Article Content

Gunarso Wiwoho

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian banyak industri rumah tangga yaitu kurangnya pengetahuan akan mengelola usaha dan bagaimana memajukan usaha. Dalam membuat inovasi produk, suatu perusahaan harus memperhatikan orientasi pasar dan orientasi pembelajaran, sebab pengetahuan tentang orientasi pasar dan orientasi pembelajaran merupakan kunci sukses inovasi produk yang akan dihasilkan yang kemudian akan berpengaruh pada kinerja pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh dari peran orientasi pasar, orientasi pembelajaran, terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran.

Populasi yang dipilih dalam penelitian ini yaitu pemilik industri kecil rumah tangga kerajinan anyaman pandan di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen yang terdiri dari 30 responden, dengan menggunakan penelitian populasi atau populasi studi sensus. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban ST (Sangat Setuju), S (Setuju), TS (Tidak Setuju), dan STS (Sangat Tidak Setuju). Data analisis dengan bantuan program SPSS 18.00 dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, dan analisis jalur. Hasil Analisis yang dihasilkan yaitu secara langsung variabel orientasi pasar dan orientasi pembelajaran mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap inovasi produk namun, tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran Industri kecil rumah tangga kerajinan anyaman pandan dan secara tidak langsung variabel orientasi pasar dan orientasi pembelajaran mempunyai pengaruh signifikan terhadap inovasi produk. Begitu juga orientasi pasar, orientasi pembelajaran, dan inovasi produk sebagai variabel intervening mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran industri kecil rumah tangga kerajnan anyaman pandan.

Kata Kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Inovasi Produk, dan Kinerja Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiwoho, G. (2013). ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP INOVASI PRODUK, DAN KINERJA PEMASARAN (Studi pada Sentra Industri Kecil Rumah Tangga Kerajinan Anyaman Pandan di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen). Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(2). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i2.5
Section
Articles