Pengaruh Pendidikan Keuangan Keluarga, Pembelajaran Keuangan di Perguruan Tinggi, Sikap Keuangan dan Teman Sebaya Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa

Main Article Content

Akhmad Darmawan
Firda Ardianti Pratiwi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan keuangan keluarga, pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, sikap keuangan dan teman sebaya terhadap literasi keuangan mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif manajemen dan akuntansi S1, di tiga perguruan tinggi terbesar Kota Purwokerto, sampel ini berjumlah 93 mahasiswa aktif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian bersumber dari kuesioner kepada responden dengan data ordinal dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisa menunjukkan pendidikan keuangan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan, pembelajaran keuangan di perguruan tinggi berperngaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan, sikap keuangan tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan dan teman sebaya berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap literasi keuangan.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Darmawan, A., & Pratiwi, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Keuangan Keluarga, Pembelajaran Keuangan di Perguruan Tinggi, Sikap Keuangan dan Teman Sebaya Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 27-37. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.499
Section
Articles

References

Ajzen, I. (1991). Organizational Behavior and Human Decision Processes. University of Massachusetts at Amherst Research, 1–33.

Akmal, H., & Saputra, Y. E. K. A. (2016). Analisis tingkat literasi keuangan. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(2), 235–244. Retrieved from http://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/37

Albeerdy, M. I., & Gharleghi, B. (2015). Determinants of the Financial Literacy among College Students in Malaysia. International Journal of Business Administration, 6(3), 15–24. https://doi.org/10.5430/ijba.v6n3p15

Ameliawati, M., & Setiyani, R. (2018). The Influence of Financial Attitude, Financial Socialization, and Financial Experience to Financial Management Behavior with Financial Literacy as the Mediation Variable. KnE Social Sciences, 3(10), 811. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3174

Andansari, P. I. (2018). Pengaruh Financial Attitude Dan Lingkungan Sosial Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Ecodunamika?: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1519

Darmawan, A., Suyoto, Widhiandono, H., Utami, N. H., Razak, A. A. Z. A., & Ab Wahid, H. (2018). The Effect of Financial Literacy, Financial Experience, and Locus of Control Towards Financial Management Attitude and Family Investment Planning Behavior. 206–215.

Dewanty, N., & Isbanah, Y. (2018). Determinant of The Financial Literacy: Case Study on Career Woman in Indonesia. Etikonomi, 17(2), 285–296. https://doi.org/10.15408/etk.v17i2.6681

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang?: Badan Penerbit Universitas Diponegoro: badan penerbit universitas diponegoro.

Gunardi, A., Ridwan, M., & Sudarjah, G. M. (2017). The Use of Financial Literacy for Growing Personal Finance. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(3), 446–458. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i3.1489

Hidajat, T. (2016). Literasi Keuangan. Retrieved from https://play.google.com/books/reader?id=UBq8DAAAQBAJ&hl=in&printsec=frontcover&pg=GBS.PA1%0D

Isomidinova, G., & Singh, J. S. K. (2017). Determinants of financial literacy : a quantitative study among young students in Tashkent , Uzbekistan. Electronic Journal of Business & Management, 2(1), 61–75.

Kartawinata B, M. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Keuangan Terhadap Literasi Keuangan. Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II, 87–100. https://doi.org/10.1109/tsc.2012.35

Kemendikbud, T. G. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. In M. H. Dr. Luh Anik Mayani (Ed.), Gerakan Literasi Nasional (pp. 1–41). https://doi.org/http://dikdasmen.kemdikbud.go.id

Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5

Mahapatra, M. S., Alok, S., and Raveendran, J. (2016). Financial Literacy of Indian Youth: A study on the Twin cities of Hyderabad-Secunderabed. IIM Kozhikode Society & Management Review, 6(2), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2277975216667096

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1. Jmk, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76

Melmusi, Z. (2017). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi (Studi Kasus di Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang). Majalah Ilmiah, 24(2), 221–229.

Natalia, D. E. (2019). Analisis Tingkat Literasi dan Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA, 7(2), 2131–2140.

Pendidikan Keuangan Keluarga Sangat Penting Karena Pendidikan Keuangan Keluarga. (2015). In Finansialku. Retrieved from https://www.finansialku.com/pendidikan-keuangan-keluarga-sangat-penting-karena/%0D

Putri, A. R., & Asrori. (2018). Determinan Literasi Finansial Dengan Gendersebagai Variabel Moderasi. Electronic Journal of Business & Management, 23(1), 61–75. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3174

Prasongko, D. (2019). Kejar Target Literasi Keuangan 75 Persen, OJK Gelar Aksimuda (K. Setiawan, ed.). Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1230135/kejar-target-literasi-keuangan-75-persen-ojk-gelar-aksimuda

Rahmayanti, W. (2019). Pengaruh Sikap Keuangan dan Perilaku Keuanagn Terhadap Literasi Keuangan (Studi Kasus pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 9. Retrieved from http://jurnal.uts.ac.id

Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Majalengka: Referens dan Nusa Media.

Rizaldi, M. H. (2019). Pengaruh Demografi, Pengalaman Bekerja, dan Pendidikan Pengelolaan Keuangan Orangtua Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 291–298.

Sakinah, G., & Mudakir, B. (2018). Analisis Literasi Keuangan Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Angkatan 2014 - 2017. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(2), 17. https://doi.org/10.14710/jdep.1.2.54-70

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan (5th ed.; D. Mandasari, ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Saraswati, E., Rispantyo, & Kristianto, D. (2017). Pengaruh Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi DanSistem Teknologi Informasi, 13(2), 218–229.

Sari, D. A. (2015). Financial Literacy dan perilaku keuangan mahasiswa. Buletin Bisnis & Manajemen, 01(02), 171–189. Retrieved from http://journal.stie-yppi.ac.id/index.php/BBM/article/view/14/14

Segara, T. (2016). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016. Jakarta: Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Sekarwiti, Florentina Krisanti & Witjaksono, A. (2016). Analisis Pengaruuh Pendidikan Keuangan Keluarga, Tempat Tinggal/Residence, dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Financial Literacy. Jurnal GICI, 6(1), 99–115. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sina, G. P. (2016). Financial Contemplation seri1 (Guepedia, ed.). Retrieved from https://play.google.com/books/reader?id=0zrcDQAAQBAJ&pg=GBS.PP1

Sukmawati, dian. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Literasi Keuangan Siswa. Jurnal Ekonomi Pedididkan Dan Kewirausahaan, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n1.p30-41

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS (1st ed.; F. S. Suyantoro, ed.). Yogyakarta: ANDI.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi (1st ed.; A. Cristian, ed.). Yogyakarta: ANDI.

Susanti, N., Rahmayanti, R., Padmakusumah, R. R., & Susanto, R. (2019). Factors affecting students’ financial literation: A study on Widyatama University, Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 7(5), 7–14. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071502

Syuliswati, A., & Malang, P. N. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan mahasiswa jurusan akuntansi politeknik negeri malang. Prosiding SNAMK (Seminar Nasional Akuntansi Manajemen Dan Keuangan), 1(1).

Shalahuddinta, A., & Susanti. (2014). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pengalaman Bekerja, dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–10. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9134

Ulfatun, T. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(2), 1–13. https://doi.org/https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita

Yadnyana, I. K. (2018). Effects of Learning Quality , Social-Economic Status and Entrepreneurship Spirit on Financial Literacy of Students of Udayana. International Journal of Management and Commerce Innovations, 6(1), 72–77. https://doi.org/www.researchpublish.com

Wardani, E. W., Susilaningsih, & Sangka, K. B. (2017). Faktor-Faktor yang Mempegaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Jurnal “Tata Arta” UNS, 3(3), 80–93.