Entrepreneurial Intention: Melalui Kajian Empiris Theory of Planned Behaviour

  • Harini Abrilia Setyawati

Abstract

Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada membuat sebagian orang memilih untuk menjadi wirausaha. Pendidikan tinggi juga mendorong lulusannya untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan lapangan kerja. Mata kuliah kewirausahaan banyak diajarkan di berbagai program studi terutama manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan terhadap niat kewirausahaan pada mahasiswa STIE Putra Bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh signifikan terhadap niat kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior & Human Decision Processes, 50(2): 179-211.

Ajzen, I. 2005. Theory of planned behaviour: Frequently asked questions. Retrieved March, 30, 2010, http://www.people.umass.edu/aizen/faq.html.

Ajzen, I., & Fishbein, M. 1980. Understanding attitudes and predicting social behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Busenitz, L. W., West Iii, G. P., Shepherd, D., Nelson, T., Chandler, G. N., & Zacharakis, A. 2003. Entrepreneurship Research in Emergence: Past Trends and Future Directions. Journal of Management, 29(3): 285-308.

Campbell, C. R., & Martinko, M. J. 1998. An Integrative Attributional Perspective of Empowerment and Learned Helplessness: A Multimethod Field Study. Journal of Management, 24(2): 173-200.

Conner, M., & Armitage, C. J. 1998. Extending the Theory of Planned Behavior: A Review and Avenues for Further Research. Journal of Applied Social Psychology, 28(15): 1429-1464.

Cruz, N. M., Escudero, A. I. R., Barahona, J. H., & Leitao, F. S. 2009. The Effect of Entrepreneurship Education Programmes on Satisfaction with Innovation Behaviour and Performance. Journal of European Industrial Training, 33(3): 198-214.

Hisrich et.al. 2008. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2007. Kewirausahaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kermit, W. 2008. Entrepreneurial Intention Research: Implications for entrepreneurship education. Journal of Entrepreneurship Education, Annual 2008.

Kristiansen, S., & Indarti, N. 2004. Entrepreneurial intention among Indonesian and Norwegian students. Journal of Enterprising Culture, 12(1): 55-78.

Shapero, A., & Sokol, L. 1982. The social dimensions of entrepreneurship. In C. Kent, Sexton, D., Vesper, K. (Ed.), Encyclopedia of Entrepreneurship: 72-90. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Shapero. A, & Sokol, L. 1982. The social dimensions of entrepreneurship. In C. Kent, Sexton, D., Vesper, K. (Ed.), Encyclopedia of Entrepreneurship. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Shepperd, B. H., Hartwick, J., & Warshaw, P. R. 1988. The Theory of Reasoned Action: A Meta-Analysis of Past Research with Recommendations for Modifications and Future Research. Journal of Consumer Research, 15(3): 325-325.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media

Suryana. 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suryani, Ninik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zimmerer, et.al. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

How to Cite
SetyawatiH. (1). Entrepreneurial Intention: Melalui Kajian Empiris Theory of Planned Behaviour. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(2). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v14i2.49
Section
Articles