PERSEPSI MASYARAKAT UNTUK MEMILIH DAN TIDAK MEMILIH BANK SYARIAH (STUDI KOTA PALOPO)

Main Article Content

Junaidi Junaidi

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya muslim. Namun hal ini tidak membuat bank-bank syariah menjadi bank yang besar karena minat dan pengetahuan masyarakat yang masih kurang. Hal ini disebabkan perkembangan sektor perbankan tidak terlepas dari perilaku nasabah dalam menentukan pilihannya, apakah akan menggunakan jasa perbankan syariah atau jasa perbankan konvensional. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar faktor yang dapat mempengaruhi masyarakat di Kota Palopo untuk memilih bank syariah. Faktor-faktor tersebut antara lain religiusitas, pengetahuan, tingkat bagi hasil, fasilitas dan layanan dan lokasi bank syariah.Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi masyarakat dan nasabah terhadap bank syariah di Kota Palopo. Teknik pengumpulan data didapat melalui kuesioner. Hasil analisis deskripsi yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa faktor penentu masyarakat muslim untuk memilih bank syariah adalah religiusitas dan pemahaman. Sedangkan pelayanan dan fasilitas tidak mempengaruhi keputusan masyarakat dalam arti bahwa aspek ini kurang mendukung responden untuk menjadinasabah atau memilih bank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Junaidi, J. (1). PERSEPSI MASYARAKAT UNTUK MEMILIH DAN TIDAK MEMILIH BANK SYARIAH (STUDI KOTA PALOPO). Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(2). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v14i2.44
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, A. 1993, “Ensiklopedia, Ekonomi, Keuangan, Perdagangan”, PradyaParamita, Jakarta.

Antonio, Muhammad. 2001, “Bank Syariah dari Teori ke Praktik”, Gema Insani Press, Jakarta.

Capra, Umer M. 2000, “Sistem Moneter Islam” Edisi terjemahan, Gema InsaniPress dan Tazkia Cendekia. Jakarta.

Choir, 2010, “Pertumbuhan Perbankan Syariah di Yogyakarta LampauiPerbankan Konvensional”. Artikel. Zonaekis.com

Hafees and Ahmed. 2008, “An Emirical Analysis of the Determinans of Bank Selection in Pakistan A Customer View”, Pakistan Economic and Social Review, Volume 46,No.2,pp.147-160

Kotler dan Amstong. 2001, “Prinsip-Prinsip Pemasaran” Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 1997, “Manajemen Pemasaran”, Indeks, Jakarta.

Misanam dan Liana.2007, “Bunga Bank, Bagi Hasil, dan Relijiusitas: Suatu Investigasi Loyalitas Nasabah Terhadap Perbankan Syariah”, JurnalSinergi Kajian Bisnis dan Manajemen Vol. 9, No.1, Hal. 69-86

Muflih, Muhammad M.A. 2006. “Perilaku Konsumen dalam Perspektif IlmuEkonomi”, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mowen, C. J. dan Michael Minor. 2002, “Perilaku Konsumen”, Erlangga, Jakarta.

Nurgiyantoro Burhan, dkk. 2001, “Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmuSosial”, Gadjah Mada University Press, Jogjakarta.

Putra. 2009, “Definisi, Fungsi dan Peranan Bank Umum dalam Perekonomian”,Diambil 23 Pebruari 2015

Priantina, Anita, 2012, “Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia”. Artikel. Detik.com.

Rais. 2008, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Untuk TidakMenggunakan Bank Syariah: Studi di STIE Pengembangan Bisnis danManajemen”, Jurnal Pengembangan Bisnis dan Manajemen, Volume VIII, No. 12

Schiffman dan Kanuk. 2004, “Perilaku Konsumen” Edisi 7, Indeks, Jakarta.

Seputro, Bijak. 2013. “Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia”. Artikel. Detik.com.

Subiyakto, Haryono dan Algifari, 2011, “Praktikum Statistika Dengan MS Exceldan SPSS”. STIE YKPN, Yogyakarta.

Sudarsono, Heri. 2008, “Bank dan Llemabaga Keuangan Syariah”: Edisi 3,Ekonisia, Yogyakarta.

Sugiyono. 2004. “Metode Penelitian Bisnis”. CV Alfabeta, Bandung.

Sukiadi, Tjuk K. 2013. “Peluang dan Kendala Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia”. Artikel Eonomi Syariah.

Suprapto, J. 2001, “Statistik; Teori dan Aplikasi”, Jilid 2, edisi keenam. Jakarta, Erlangga.

Suryanto, 2013. “Persentase Jumlah Umat Islam Berbagai Daerah DiIndonesia”. Artikel Info Islami. Begawanariyanta.wordpress.com.

Suslamanto, Dwi. 2013. “Pertumbuhan Perbankan Syariah di Yogya Lampaui Perbankan Konvensional”. Artikel Zona Ekonomi Islam.

Teguh, Muhammad. 2001, “Metodologi Penelitian Ekonomi : Teori danAplikasi”, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wijaya, Alfi. 2009, “Segmentasi dan Perilaku Konsumen pada Perbankan Syariah di Yogyakarta”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Hal 143-165.