ANALISIS SIKAP ANGGOTA KOPERASI TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT JASA PELAYANAN PADA KOPERASI “SEJAHTERA” DI PURWOKERTO

Main Article Content

Petrus Edi Sumantri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sikap anggota koperasi terhadap atribut jasa pelayanan yang diberikan oleh pengurus kepada anggota koperasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi Reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles yang digunakan dengan cara membandingkan antara harapan dan keyakinan melalui metode analisis Multiatribute Attitude Model†(MAM). Hasil dari Penelitian menyatakan bahwa Sikap anggota koperasi terhadap atribut jasa pelayanan masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan atribut yang paling dominan harus diperhatikan menurut anggota koperasi adalah atribut reliability. Implikasi dalam penelitian ini yaitu: sebaiknya pengurus koperasi memperhatikan atribut-atribut reliability, assurance, responsiveness, tangibles dan emphaty, serta atribut reliability menjadi atribut yang diprioritaskan oleh pengurus koperasi, yang berkaitan dengan kemampuan pengurus dalam memberikan pelayanan dengan segera dan memuaskan sesuai dengan yang telah dijanjikan.
Kata kunci : reliability, assurance, responsiveness, tangibles dan emphaty

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sumantri, P. (1). ANALISIS SIKAP ANGGOTA KOPERASI TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT JASA PELAYANAN PADA KOPERASI “SEJAHTERA” DI PURWOKERTO. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(1). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v14i1.36
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis,PT. Bina Aksara, Jakarta.

Anoraga, Panji. 2000, Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta

Del. Hawkins, Roger J.Best. And Kenneth A. Coney, 1983, Consumer Behaviour Implication For Marketing Strategi, Business Publication, Inc, Texas.

http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2011/02/partisipasi_anggota_dan_dinamika_per-kembang.pdf

Kotler, Phillip, 2005, Straegi Pemasaran, Preshallindo, Jakarta

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A dan Berry, L.L.,1994, “Reassessment of Expectations as a Comparison Standart in Measuring Service Quality : Implication for Further Research”, Journal of Marketing, January ,111:124.

-------- , 1988, “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”, Journal of Retailing, Vol.4 (1).

-------- , 1885, “A Conceptual Model of Service Quality and It’s Implications for Future Research”, Journal of Marketing, Vol.4, p. 41-50.

Supranto, J. M.A, 2003, Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya, Rineka Cipta, Jakarta

Singarimbun, M dan Effendi, Soffian, 1995. Metode Penelitian Survey, LPES, Jakarta

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Siti Partini, 1995, Psikologi Sosial, Studying, Jakarta

Stanton William, J, 1998. Prinsip Pemasaran, Gramedia, Jakarta

Swasta Basu DH dan Handoko T.Hani, 1997. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta

Schifman, L.G., Kanuk, L.L., “Perilaku Konsumen”, edisi ke tujuh, Jakarta, PT. Index, 2004

Tjiptono Fandy, 2008 “Strategi Pemasaran”, Edisi 3, Andi, Yogyakarta

Umar, Husein, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Wijaya Tony, (2011), Manajemen Kualitas Jasa (Desain Servqual, QFD dan Kano Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian), Cetakan 1, Jakarta Barat