ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT DAERAH PEMASARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHASILKAN LABA PADA PERUSAHAAN KECAP “MLIWIS”

Main Article Content

Dwi Suprajitno

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui informasi biaya pemasaran terhadap kemampuan menghasilkan laba pada perusahaan kecap “Mliwis†Kebumen dan untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran menurut daerah pemasaran terhadap kemampuan menghasilkan laba pada perusahaan kecap “Mliwis†Kebumen.

Metodologi penelitian untuk memperoleh data menggunakan antara lain menggunakan observasi, dokumentasi, interview, dan studi kepustakaan.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini : dari hasil analisis biaya pemasaran menurut daerah pemasaran pada bulan Januari, Februari, Maret tahun 2009, dapat diketahui bahwa kemampuan tiap-tiap daerah pemasaran dalam menghasilkan laba berbeda-beda. Pada bulan Januari daerah pemasaran Kutoarjo mendapatkan laba Rp 2.926.371,- daerah pemasaran Purworejo mendapatkan laba Rp 6.878.125,-. Pada bulan Februari daerah pemasaran Kutoarjo mendapatkan laba Rp 6.963.505,-, daerah pemasaran Purworejo mendapatkan laba Rp 10.644.461,-. Pada bulan Maret daerah pemasaran Kutoarjo mendapatkan laba Rp 9.859.655,-, daerah pemasaran Purworejo mendapatkan laba Rp 17.092.765,- dan berdasarkan hasil analisis biaya pemasaran menurut daerah pemasaran semestinya dapat dijadikan sebagai salah satu faktor untuk menentukan daerah pemasaran karena setiap akhir periode akan terlihat kontribusi laba yang bisa dihasilkan oleh masing-masing daerah pemasaran.
Kata kunci : analisa biaya pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suprajitno, D. (1). ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT DAERAH PEMASARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHASILKAN LABA PADA PERUSAHAAN KECAP “MLIWIS”. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 8(1). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v8i1.34
Section
Articles

References

Ardiyos,SE.Kamus Besar Akuntansi VIII.Jakarta:Citra Harta Prima.
Boone,dan Kurtz.2006.Pengantar Bisnis.Edisi ke dua.Jakarta:Erlangga.
Heizer,Jay dan Barry Render.2005.Manajemen Operasi.Edisi ke tujuh.Yogyakarta:Salemba Empat.
Mulyadi,2005.Akuntansi Biaya.Edisi ke lima.Yogyakarta:Salemba Empat.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa.2008.Buku Pedoman Penyusunan Laporan Tugas akhir.
Sumarni,Murti dan John Soeprihanto.2005.Pengantar Bisnis.Yogyakarta:Liberty
Usry, Milton dan Lawrence H. Hammer.2002.Perencanaan dan Pengendalian Akuntansi Biaya.Edisi ke sepuluh.Jakarta:Erlangga