“ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PROSES PADA PERUSAHAAN SOUN CAP KETELA MAS TAMBAK.”

Main Article Content

Dwi Suprajitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh Perusahaan soun cap “Ketela Mas†Tambak, untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan metode harga pokok proses yang melalui dua departemen produksi, untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi di departemen cetak dan departemen packing serta untuk mengetahui perbandingan antara harga pokok produksi yang dihitung oleh perusahaan dengan perhitungan harga pokok produksi yang menggunakan metode harga pokok proses.
Metode dan Alat Pengumpulan Data yang digunakan antara lain wawancara, dokumentasi serta studi pustaka dari literatur-literatur akuntansi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perhitungan HPP dengan menggunakan metode Harga Pokok Proses menghasilkan Harga Pokok yang lebih kecil, meskipun selisihnya hanya Rp 82, namun dalam perhitungan yang menggunakan metode harga pokok proses sudah memperhitungkan biaya produksi yang rinci. Pemilik perusahaan mendapatkan Gaji sebesar Rp 1.000.000/bulan, bagian pemasaran Rp 800.000/bulan, serta telah memperhitungkan Biaya Depresiasi gedung dan kencaraan Rp 200.000/bulan. Dengan demikian jika perusahaan menerapkan perhitungan harga pokok produksinya dengan menggunakan harga pokok proses, maka perusahaan dapat memperoleh laba/keuntungan yang lebih besar.
Kata kunci : harga pokok produksi, harga pokok proses

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suprajitno, D. (1). “ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PROSES PADA PERUSAHAAN SOUN CAP KETELA MAS TAMBAK.”. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 10(1). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v10i1.30
Section
Articles

References

Halim, Abdul. 2007. Dasar-DasarAkuntansi Biaya. Yogyakarta:BPFE.
Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi ke-5. Yogyakarta:Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra bangsa. 2008. Pedoman Penyusunan Laporan Tugas Akhir. Kebumen:STIE Putra Bangsa

Simamora, Hendry.2002. Diakses dari http://www.tryusnita’s.wordpress.com pada tanggal 3 Februari 2010.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto.2005.Pengantar Bisnis.Yogyakarta:Liberty.
Supriyono.2000..Akuntansi Biaya (Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan).Edisi 2.Yogyakarta:BPFE.