PENGARUH STRATEGI GREEN TOURISM DIFFERENTIATION TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN HUTAN MANGROVE DI KABUPATEN KEBUMEN

Main Article Content

Marynta Putri Pratama
Sigit Wibawanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi green tourism differentiation terhadap kepuasan dan minat kunjung ulang wisatawan hutang mangrove di Kabupaten Kebumen.  Pada tahun 2017 ini Kabupaten Kebumen sedang mengembangkan sektor wisata alam, salah sataunya wisata hutan mangrove yang diekams sebagai eco tourism. Berdasarkan laporan jumlah pengunjung, diketahui terjadi peningkatan jumlah wisatawan secara siginifikan. Beberapa pengunjung merupakan wisatawan yang berkunjung ulang. Untuk itu perlu teliti model pengembangan strategi pemasaran yang mampu mengkaji faktor yang mampu meningkatkan daya saing dan kunjungan wisatawan, sebagai dasar pengembangan wisata alam di objek wisata alam lainya.. Metode penelitian yang digunakaan adalaah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan hutang mangrove yang telah berkunjung lebih dari dua kali dalam satu tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan convinience sampling. Alat uji statistik yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 22.


Kata kunci: Green Differentiation Tourism, Kepuasan, Minat Kunjung Ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratama, M., & Wibawanto, S. (2019). PENGARUH STRATEGI GREEN TOURISM DIFFERENTIATION TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN HUTAN MANGROVE DI KABUPATEN KEBUMEN. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 8-15. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.285
Section
Articles