PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PADA PD. BPR BANK PASAR KEBUMEN

Main Article Content

Parmin Parmin

Abstract

Penelitian ini terfokus pada faktor-faktor dalam kualitas pelayanan yang mempengaruhi
loyalitas nasabah pada PD. BPR Bank Pasar Kebumen yang meliputi bukti langsung
(tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), serta
empati (empathy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana faktor-
faktor tersebut berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode penelitian
deskriptif yang bersifat eksploratif dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Untuk
analisis kuantitatif dalam penelitian ini meliputi gambaran umum perusahaan. Sedangkan
analisis kualitatif dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu analisis
dengan mengambil sampel sebanyak 75 responden. Analisis datanya mengacu pada rumus
regresi linier ganda (uji t dan uji F), dengan dibantu menggunakan program statistis SPSS for
Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, variabel
bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance), serta empati (empathy) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas
nasabah.
Kata kunci: bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness),
jaminan (assurance), empati (empathy), dan loyalitas nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Parmin, P. (1). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PADA PD. BPR BANK PASAR KEBUMEN. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v8i2.28
Section
Articles

References

Bank Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perbankan.
Jakarta
__________. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Jakarta.
__________. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.
Jakarta.
Enggel, James F., Paul W. Miniard, And Roger D. Blackwell. 1995. Consumer Behaviour,
Eighth edition. Dryden Press
Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas, Jakarta: Gramedia.
Laksana, Fajar. 2004. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Bandung: STIE Pasim.
Philip Kotler. 1990. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan
Kontrol, Edisi 6. Jakarta: PT Prehallindo
_________. 1998. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan
Pengendalian, Jilid 2. Jakarta: Erlangga
_________. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Pengendalian. Jakarta: Erlangga.
Siamat, Dahlan. 1995. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Intermedia.
Swastha, Basu & Irawan DH. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Liberty
Subagyo, dkk. 1997. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yogyakarta: STIE YKPN.
Tjiptono, Fandi. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publishing