Sistem Pengendalian Intern Terhadap Persediaan Bahan Baku Pada PT Surya Indah Kebumen

Main Article Content

Dwi Suprajitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem pengendalian intern terhadap persediaan bahan baku pada PT. Surya Indah Kebumen serta untuk mengetahui Efektifitas pelaksanaan pengendalian intern terhadap persediaan bahan baku pada PT. Surya Indah Kebumen. Metodologi pengolahan datanya menggunakan analisis flowchart dan analisis kuesioner.
Dari hasil analisis maka dapat ditarik kesimpulan yaitu Pelaksanaan sistem pengendalian intern terhadap persediaan bahan baku pada PT. Surya Indah Kebumen belum dilakukan dengan baik karena prosedur pencatatan belum menggunakan formulir bernomor urut tercetak untuk mempermudah setiap bagian yang ada pada perusahaan dalam melakukan setiap kegiatan operasional yang ada dalam perusahaan.Efektifitas pelaksanaan sistem pengendalian intern terhadap persediaan bahan baku pada PT. Surya Indah Kebumen masih kurang efektif karena fungsi-fungsi yang terkait dalam pengelolaan persediaan yang ada hanya bagian penerimaan barang, bagian pembelian, dan bagian gudang. Sedangkan menurut literatur Mulyadi (2001 : 570) fungsi yang terkait dalam persediaan bahan baku adalah bagian penerimaan barang, bagian hutang, bagian kartu persediaan, dan bagian gudang. Selain itu dokumen yang digunakan hanya surat pesanan dan surat penerimaan barang.
Kata kunci : sistem pengendalian intern, persediaan bahan baku

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suprajitno, D. (1). Sistem Pengendalian Intern Terhadap Persediaan Bahan Baku Pada PT Surya Indah Kebumen. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 7(1). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v7i1.27
Section
Articles