Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada PD. BPR BKK Kebumen

Main Article Content

Parmin Parmin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai baik secara parsial maupun secara simultan pada pegawai PD BPR BKK Kebumen. Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh antara (1), Kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (2) Kompetensi terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (3) Disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (4) Kualitas kehidupan kerja, Kompetensi dan Disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di PD BPR BKK Kebumen yang berjumlah 251 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan rumus Slovin yaitu 72 responden. Metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey dengan teknik regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan memakai skala likert.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu hasil uji persamaan regresi memperlihatkan kinerja pegawai = 32,575 + 0,126 X1 + 0,329 X2 + 0,319 X3 sehingga nilai kinerja pegawai terdapat hubungan dengan kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja adalah 32,575 yang tergolong berkinerja baik, variabel kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja pegawai PD BPR BKK Kebumen, hal ini dibuktikan dengan nilai R = 0,666 pada tingkat keyakinan 95%. Hasil uji korelasi variabel kualitas kehidupan kerja dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,504, hasil uji korelasi variabel kompetensi dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,619, sedangkan, hasil uji korelasi variabel disiplin kerja dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,610 yang memiliki tingkat signifikansi 0,000 pada alpha 0,05 pada tingkat keyakinan 95%. Nilai r tabel ini dengan jumlah n sebanyak 72 adalah 0,195. Sehingga jika dibandingkan r tabel 0,195 < r hitung 0,504, 0,619 dan 0,610 hal ini berarti variabel kuualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja pegawai memiliki hubungan yang signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, memberikan implikasi penelitian bahwa kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja mampu mempengaruhi kinerja pegawai PD BPR BKK Kebumen secara bersama-sama. Peneliti menyarankan kepada pimpinan PD BPR BKK Kebumen untuk memperhatikan faktor yang berkaitan kehidupan kerja pegawai, konsisten dalam menerapkan aturan-aturan yang berlaku untuk membentuk perilaku dalam disiplin kerja pegawainya. Untuk para pegawai diharapkan untuk selalu meningkatkan kemampuan kompetensinya, karena dengan kompetensi yang baik dapat meningkatkan kinerjanya.
Kata Kunci: Kualitas Kehidupan Kerja, Kompetensi, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Parmin, P. (1). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada PD. BPR BKK Kebumen. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 13(2). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v13i2.24
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, (2005). Manajemen Penelitian. Cetakan ketujuh, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
A Dale Timpe 2002, Memimpin Manusia, Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis. PT Gramedia Asri Media, Jakarta
Algifari, (2000), Analisa Regresi. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Cascio, Wayne F. (2006) Managing Human Resources: Productivity, Quality of Work Life, Profit.Singapore: McGraw-Hill International Edition.
Flippo, E. B. (2005). Manajemen Personalia Jilid 1 (Edisi keenam). Erlangga,
Jakarta
Ghozali, Imam. (2006). Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gomes, Faustino Cardoso, (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Kartikawangi, (2002), Karakteristik Sumber Daya Manusia Yang Dibituhkan Dunia Industri/Organisasi Dalam Menghadapi Globaalisasi, Atmajaya Nan Jaya, Jakarta
Mangkunegara, (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Rosda.
Mangkuprawira. (2007). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Galia, Bogor, Indonesia.
Mathis, Jackson, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi pertama, Cetakan Pertama, Yogyakarta : Salemba Empat
Rivai, Veithzal (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Robbins, Stephen, (2006), Perilaku Orgaisasi: Edisi Lengkap, Indeks
Siagian, S. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta
Santoso, (2000). SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Santoso, (2004). Ergonomi Manusia, Peralatan, dan Lingkungan. Sidoarjo. Prestasi pustaka publisher
Sedarmayanti. (2007). Manajemen SDM Cetakan 1. PT. Refika Aditama. Bandung
Sugiono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Alfabeta
Suhendi, Hendi, (2010), Perilaku Organisasi, CV Pustaka Setia, Bandung
Umar, H., (2000). Metode Penelitian Untuk Skrpsi dan Tesis Bisnis, Cetakan Ketiga. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Wibowo, (2007) Manajemen Kinerja, Rajawali Pers
Wirawan (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori, Aplikasi dan Penelitian, Salemba Empat, Jakarta.
Husnawati, (2006). Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengankomitmen Dan Kepuasan Kerja Sebagai Intervening Variabel (Studi Pada Perum Pegadaian Kanwil VI Semarang), Tesis. Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.
Ayuningrum, (2010). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan di PT.PP. London Sumatra Tbk Medan, Universitas Sumatera Utara.
Joko, Sarwanto, (2008). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di. Kantor Departemen Agama Kabupaten Karanganyar.. UIN Sunan Kalijaga.