The Future of Local Product: Influance Analysis of Consumer Etnocentrics, Package Design and Label of Halal to Purchase Intention of Local Product

Main Article Content

Kabul Trifiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan produk, persepsi labelisasi halal, dan etnosentris terhadap produk makanan khas Kebumen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Dengan menggunakan teknik non probability sampling, penelitian ini mengambil sampel 100 dari responden masyarakat kebumen yang melakukan pembelian lanting. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah disain kemasan (X1), labelisasi halal (X2), etnosentris (X3), dan keputusan pembelian(Y2). Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis jalur, dan korelasi dengan menggunakan bantuan program SPPS 22for windows.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliabel, tidak terdapat multikolinieritas, tidak terjadi heterokesdastisitas, dan model memenuhi asumsi normalitas. Pengaruhperilaku etnosentris konsumen menunjukkan positif dan signifikan, disain kemasan menunjukkan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh labelisasi halal menunjukkan negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan nilai pengaruh yang sebesar 8,5%.


Kata kunci:Minat Pembelian, Etnosentris Konsumen, Disain Kemasan, Labelisasi Halal, Produk Lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Trifiyanto, K. (2019). The Future of Local Product: Influance Analysis of Consumer Etnocentrics, Package Design and Label of Halal to Purchase Intention of Local Product. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 17(2), 15-24. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v17i2.229
Section
Articles