CUSTOMER INSIGHT: PARADIGMA DAN KONSEP STRATEGI

Main Article Content

Muhammad Baehaqi

Abstract

            Co-creation sebagai salah satu konsep pemasaran masa depan mengakhiri dikotomi pemasar-konsumen selama masa-masa orientasi product centric dan customer cenric. Konsep tersebut diyakini menjadi terobosan dalam meniti paradigma baru pemasaran yang lebih menitikberatkan pada nilai-nilai dan spirit kemanusiaan. Konsep tersebut yang kita sebut sebagai human spirit marketing. Muncul sebagai respon atas transaksional marketing, human spirit marketing menjelma sebagai disrupsi yang mengantarkan pada fase dimana para pemasar menyadari bahwa pada prinsipnya semua pemasar adalah konsumen bagi produk pemasar yang lain, dan semua konsumen adalah pemasar untuk konsumen yang lain. Konsep intinya adalah bangunan interaksi yang dibangun atas pemasar-konsumen untuk menciptakan experience product sebagai engagements yang kemudian disebut sebagai “inovasiâ€. Customer insight mewakili inovasi dalam human spirit, yang kemudian siap dipentaskan dalam panggung pasar modern setelah mereduksi dikotomi pemasar-konsumen dalam fase-fase sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Baehaqi, M. (2017). CUSTOMER INSIGHT: PARADIGMA DAN KONSEP STRATEGI. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 48-58. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v16i2.147
Section
Articles