ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP WORD OF MOUTH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Main Article Content

Kabul Trifiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa terhdap kinerja dosen terhadap kepercayaan dan word of mouth di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Dengan menggunakan teknik non probability sampling, penelitian ini mengambil sampel 100 dari responden mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen Semester 3 ke atas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja dosen yang terdiri dari perencanaan pembelajaran (X1), pelaksanaan pembelajaran (X2), evaluasi hasil (X3), kepercayaan (Y1), dan word of mouth (Y2). Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskritif, analisis top two boxes dan bottom two boxes dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis jalur, dan korelasi dengan menggunakan bantuan program SPPS 24 for windows.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliable, tidak terdapat multikolinieritas, tidak terjadi heterokesdastisitas, dan model memenuhi asumsi normalitas. Pengaruh perencanaan pembelajaran menunjukkan negatif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan. Pengaruh pelaksanaan pembelajaran menunjukkan positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Pengaruh evaluasi hasil menunjukkan positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Pengaruh perencanaan pembelajaran menunjukkan negatif tapi tidak signifikan terhadap word of mouth. Pengaruh pelaksanaan pembelajaran menunjukkan positif dan signifikan terhadap word of mouth. Pengaruh evaluasi hasil menunjukkan positif namun tidak signifikan terhadap word of mouth. Pengaruh kepercayaan menunjukkan positif dan signifikan terhadap word of mouth.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Trifiyanto, K. (2017). ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP WORD OF MOUTH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 1-25. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v16i2.144
Section
Articles