ANALISIS SEGMENTASI MANFAAT PADA RESTORAN QUICK CHICKEN DI KABUPATEN KEBUMEN

Main Article Content

Aris Susetyo

Abstract

Tujuan penelitian untuk megetahui segmentasi posisi restoran quck chiken ditengah persaingan
restoran cepat saji yang ada di Kabupaten Kebumen. Persaingan dan tingkat perkembangan
bisnis yang cepat menuntut manajemen dari restoran cepat saji untuk terus mengembangkan
strategi agar bisa bertahan dan memperoleh benefit yang maksimal. Populasi pada penelitian
ini adalah setiap orang yang pernah berkunjung menjadi konsumen di Quick Chicken dengan
sampel penelitian berjumlah 100 orang. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dan
kuantitatif dengan bantuan program SPSS 16.00. Dalam metode kuantitatif, dilakukan uji
validitas, reliabilitas, analisis faktor, analisis cluster Post Hoc serta crosstabulasi data. Dari
pengujian tersebut diperoleh 4 cluster yang didominasi oleh cluster 1. Cluster 1 merupakan
segmen yang mengutamakan manfaat berupa merek yang terkenal, kualitas produk, rasa
produk, penyajian produk, tingkat harga, variasi harga, potongan harga, mudahnya akses jalan,
letak restoran yang berada di pusat kota, lahan parkir yang luas, kemanan dan kenyamanan
lokasi, bukti fisik pelayanan, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian layanan, serta
empati dan tata ruang restoran. Dalam artian yang lebih sederhana, pihak manajemen dapat
mempertahankan 4 manfaat variabel dalam penelitian ini, yaitu manfaat yang melekat pada
produk, harga, lokasi dan pelayanan, apabila pihak manajemen Quick Chicken akan melayani
cluster/segmen 1.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susetyo, A. (2017). ANALISIS SEGMENTASI MANFAAT PADA RESTORAN QUICK CHICKEN DI KABUPATEN KEBUMEN. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 104-116. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i2.135
Section
Articles